Kamis, 03 Oktober 2013

Welcome Comments Pictures
More Images @ MyNiceProfile.com

Sekilas Tentang PROMOTION MIX

PROMOTION MIX
Promotion mix merupakan gabungan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan promosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promotion mix sebagai berikut :
1.      Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, poster, maupun melalui situs internet seperti website dan jejaring social (facebook, twitter, blog dll).
2.      Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3.      Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal hal positif.
4.      Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5.      Public relation/ PR yang mengupayakan produk diterima dimasyarakat.
6.      Personal selling/ penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.
Bicara soal manfaat kontribusi advertising bagi perusahaan jelas tidak dapat disepelekan. Bahkan periklanan memegang kunci penting, terutama dalam hal pelaksanaan promosi perusahaan. Di dalam aktivitas perusahaan advertising/periklanan merupakan bagian dari promotion mix. Promotion mix dilakukan dalam lima bentuk usaha pemasaran, yaitu :
1.      Personal selling
Personal selling adalah presentasi personal oleh tenaga penjualan sebuah perusahaan dengan tujuan menghasilkan transaksi penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan. Mencakup presentasi penjualan. Pameran dagang dan promosi insentif.
2.      Periklanan/ Advertising
Maksudnya adalah setiap bentuk presentasi dan promosi non personal yang memerlukan biaya tentang gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang jelas. Bisa dilakukan melalui media massa yang ada, atau iklan luar ruangan seperti pemasangan billboard, spanduk dan poster.
3.      Public Relations
Membangun hubungan baik dengan public internal/eksternal untuk membangun atau bahkan meningkatkan image baik perusahaan. Ikut serta atau mengadakan acara acara tertentu yang sifatnya tidak murni profit orientes dengan instasi lain. Misalkan dengan menggelar acara malam bhakti social atau penggalagan dana.
4.      Direct Marketing
Hubungan langsung dengan pelanggan yang ditargetkan secara tepat dengan tujuan mendapatkan tanggapan sesegera mungkin untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggan yang langgeng. Meliputi telemarketing, pasang poster din kios-kios, iklan via internet mau pun jejaring social.
5.      Promosi Penjualan
Insentif-insentif jangkan pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan sebuah produk /jasa. Meliputi pajangan pajangan di sejumlah titik lokasi penting pemasaran, bingkisan dan pemasangan iklan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar